MediaMu

MediaMu
Ketik sesuatu dan tekan enter pada keyboard
untuk mencari

Posisi Sistem Komputer Makin Terhiraukan

Sekarang apa yang dimaksud dengan keamanan itu sendiri? Apanya yang terancam? Keamanan terdiri atas tiga elemen yang sering disingkat menjadi CIA (confidentiality, integrity, dan availability). Dengan hal ini terkait dengan serangan hacker adalah serangan terhadap salah satu elemen CIA dan mengancam salah satu elemen CIA ini.

Anda tidak akan suka bila email Anda bisa dibaca oleh setiap orang dan Anda juga tidak suka jika rekening bank Anda bisa dilihat oleh semua orang, inilah elemen Confidentiality atau kerahasiaan.

Ketika Anda mengirimkan email tentu akan menjadi masalah besar bila isi email Anda ternyata telah dirubah isinya oleh seseorang, dari memuji seorang karyawan menjadi memecat karyawan. Inilah contoh dari elemen Integrity atau integritas.

Suatu data, tidak boleh dirubah oleh orang yang tidak berhak. Baik, Anda khawatir dengan keamanan email dan mematikan komputer Anda. Apa yang terjadi? Anda menjadi tidak bisa dihubungi, inilah elemen Availability (tersedia/ keberadaan) yang sangat penting.

Sistem bagaimanakah yang seharusnya dibangun dan terbaik untuk digunakan? Keamanan yang tinggi, kemudahan pakai untuk semua pengguna dan fungsi yang tinggi tentunya. Kenyataannya, Anda tidak bisa mendapatkan ketiga hal ini sekaligus. Karena hubungan antara keamanan, fungsi dan kemudahan penggunaan digambarkan (versi CEH) dalam bentuk segitiga (triangle).

Ketika Anda memerintahkan posisi sistem ke arah security, fungsi dan kemudahan pemakaian harus Anda korbankan. Ketika Anda memindahkan sistem agar mudah digunakan (easy to use), Anda akan menjauhi fungsi dan juga masalah keamanan.



Menentukan dimana letak sebuah sistem bukanlah perkara mudah dan sangat tergantung pada situasi dan kondisi yang ada. Yang harus Anda lakukan adalah menentukan suatu keseimbangan antara keamanan, kemudahan dan fungsi.

Komputer Anda dijamin aman 100% bila anda mematikan komputer Anda namun tindakan demikian membuat komputer Anda tidak bisa digunakan dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tentu ini bukan suatu ide yang bagus. Anda bisa menaruh komputer di setiap ruangan, tanpa password, setiap orang bisa langsun menggunakannya. Nyaman dan mudah namun tentu saja menjadi tidak aman karena sangat mungkin komputer tersebut disalahgunakan.

Dengan melihat gambaran mengenai posisi sebuah sistem, bisa disimpulkan bahwa kondisi terbaik untuk meletakkan suatu sistem tidaklah bisa ditentukan dan sangat tergantung pada setiap kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk sistem perbankan misalnya, Anda perlu menaruhnya mendekati security dan mungkin untuk kebutuhan di rumah Anda, posisinya akan lebih tepat dengan posisi mendekati Easy to Use (kemudahan penggunaan).

Komentar?TulisTutup