Pencarian ini hanya berfungsi saat di Halaman Depan
atau Gunakan Fitur Pencarian Explore

Rasa Merakyatnya, Jokowi Kunjungi Kalimantan 17x Selama Presiden


Sahabat, sebelum Anda melanjutkan membaca ini, dapat diluruskan bahwa 'Jokowi kunjungi Kalimantan sebanyak 17x' yang dimaksud bukanlah dari Jakarta pergi Kalimantan sebanyak itu, tetapi akan kami kategorikan menurut perpindahan beliau di suatu tempat ya dan juga momen-momen yang berbeda tentunya. Terkadang dalam satu kota dan di hari yang sama misal ada yang dua kali kunjungan atau lebih, dan juga hitungan lainnya, maka kami akan menggolongkan kunjungan tersebut menjadi banyak ya. Kami lebih menghitung perpindahan tempat atau lokasi yang pak Jokowi datangi atau sebuah momen-momen yang berbeda. Jadi, selamat menikmat kronologi renyah tentang kunjungan Jokowi ke Kalimantan ini dengan santai dan tebaklah kemana saja beliau sejak dilantik 2014 hingga sekarang ini? Sahabat sudah menghitung belum?

1. Pantai Siring Laut di Kotabaru (2014)

Kunjungan Jokowi ke Kalimantan saat awalnya menjadi Presiden adalah mengunjungi Kotabaru dalam rangka menghadiri Hari Nusantara Nasional 2014 di Pantai Siring Laut, Kotabaru (15/12/2014). Hari Nusantara adalah sebuah hari untuk memperingati Deklarasi Djoeanda oleh Perdana Menteri Ir Djoeanda tentang daerah teritorial laut Republik Indonesia pada dulu itu (13/12/1957). Suatu daerah teritorial laut yang berukuran 12 mil batas lebar laut wilayah RI dari garis pantai dari sebelumnya hanya 3 mil. Dengan adanya penetapan 12 mil wilayah laut dari garis pantai Indonesia ini, wilayah laut kepulauan Indonesia disatukan. Momentum peringatan tersebut sangat penting menurut Pak Jokowi karena akan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

2. Kampung Nelayan di Kotabaru (2014)

Jejak langkah Jokowi yang kedua pun masih di Kotabaru (15/12/2014) yaitu blusukan mengunjungi para Nelayan dan sempat terjadi candaan hangat saat itu lalu adanya pemberian sepeda saat sesi tanya jawab dengan Nelayan tersebut. Hal yang sangat menarik saat ini saat beliau mendengar beberapa Nelayan menyebutkan ada nama Ikan yang agak tidak familiar di telinga beliau, "Ikan kembung, kerapu, tenggiri, sama ikan Bamberan," ucap seorang Nelayan. Lalu beliau heran, "Ikan Bamberan? Apa itu? Memang ada nama ikan itu? Bu Susi tahu nggak?" reaksi pak Jokowi kebingungan.

3. Guntung Payung di Banjarbaru (2015)

Tahukah sahabat? di tahun berikutnya lagi pada 2015 Jokowi kembali bertamu ke Kalimantan tepatnya di Kota Banjarbaru di daerah Guntung Payung dalam rangka peninjauan penanggulangan bencana asap di Lahan sekitar RSJ Sambang Lihum (23/9/2015). Hal menariknya adalah, saat Presiden datang ke lokasi penanggulangan kebakaran ternyata yang terlihat malah tampak kosong. Hanya ada sejumlah orang dan tenda kosong di sana. Tak ada aktivitas apapun apalagi pemadaman. Lalu presidenpun kembali ke hotel tempatnya menginap, ternyata dari kabar yang didapat baru sejumlah petugas pemadam dan lainnya mulai berdatangan.

4. Puskesmas di Gambut (2015)

Lalu langsung dilanjutkan ke Puskesmas Gambut untuk membagi Kartu Indonesia Sehat, dan juga membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pun dilakukannya di Puskesmas di Jl. Bina Putra Gambut Kalimantan Selatan sesaat setelah memantau penanggulangan asap di sekitar sana.

5. Sekitaran Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin (2015)

Momen berikut yaitu Pak Jokowi mengikuti Takbiran Hari Raya Idul Adha 1436 H di Masjid Sabilal Muhtadin dan juga melepas parade mobil hias (sering disebut Mobil Tanglong) di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

6. Masjid Agung Al-Karomah di Martapura (2015)

Dan Untuk Sholat Ied Idul Adha beliau ketimbang memilih Masjid Sabilal Muhtadin beliau ternyata ingin mencoba tempat yang berbeda, lalu berpindahlah beliau dan rombongannya ke tempat Masjid Agung Al-Karomah di Martapura Kalsel untuk melakukannya (24/09/2015). Masjid Agung Al-Karomah adalah sebuah masjid yang terletak di tepi Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 40 Martapura.

7. Bundaran Besar Kota Kualakapuas (2015)

Jokowi sempat juga berhenti di Bundaran Besar Kota Kualakapuas, Kalteng (24/09/2015) pada sore hari waktu setempat. Hanya untuk menyempatkan membagikan buku tulisan kepada Anak-anak.

8. SDN 8 Pahandut Palangkaraya (2015)

Pak Jokowi saat tiba di Bandara Palangkaraya langsung bergegas menuju ke sebuah Sekolah Dasar yang bertema 'Kelas Aman Asap' di tempat tersebut (31/10/2015). Saat tiba di SD tersebut, beliau langsung meninjau ruang penyaringan udara untuk evakuasi anak-anak, khususnya yang tidak tahan terhadap asap kebakaran hutan. "Sebelum meninggalkan SD Negeri 8 Pahandut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo berfoto bersama murid-murid SD tersebut," ucap Tim Komunikasi Presiden kepada wartawan.

9. Lahan di Tumbang Nusa Pulangpisau (2015)

Tak lama kemudian beliau langsung melakukan pemeriksaan mengenai kabut Asap dari atas Jembatan Tumbang Nusa, Jabiren Raya, Pulangpisau untuk memantau Lahan yang terbakar (31/10/2015). “Kanal ini dibuat 1 bulan lalu tanggal 26 September. 1 bulan lalu saya kesini lahan gambut ini terbakar, dulu nggak ada air. Untuk itu makanya lahan gambut mudah terbakar. Sekarang ada kanal-kanal bersekat ini, kita bangun sampai sana, tembusnya ke sungai Kahayan, makanya air ini selalu ada,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan (31/10/2015)..

10. Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Balikpapan Utara (2016)

Lalu beliau pun beralih pada 2016 dengan kunjungan awal meninjau proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda di Desa Karangjoang, Balikpapan Utara, Kamis (24/3/2016). Proyek jalan tol tersebut dirancang memiliki panjang 99,2 kilometer. Pembangunannya direncanakan tuntas pada Mei 2019. Jika tol itu beroperasi, diperkirakan mampu memangkas waktu perjalanan selama satu sampai satu setengah jam dari Balikpapan ke Samarinda.

11. Halaman Kantor Penyelenggaran Ibadah Haji Balikpapan (2016)

Usai berkunjung ke proyek pembangunan jalan tol, Presiden di hari yang sama juga langsung menyerahkan Bantuan Sosial secara simbolik yang terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di halaman Kantor Penyelenggara Ibadah Haji Balikpapan (24/03/2016).

12. Bendungan Teritip Kota Balikpapan (2016)

Dari situ, Presiden dan Ibu Negara akan melanjutkan pemeriksaan dan perjalanan menuju Bendungan Teritip, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan TImur, Kota Balikpapan (24/03/2016). Bendungan ini berdaya tampung 2,4 juta meter kubik dengan output 260 liter per detik. Presiden Jokowi setelah mendapatkan paparan terkait proyek bendungan tersebut menyempatkan diri untuk turun berjalan kaki ke kawasan bendungan. Ia melihat-lihat kondisi terakhir proyek pembangunan bendungan tersebut. "Saya mendapatkan keluhan dari Pak Walikota bahwa di Balikpapan terjadi krisis kekurangan air dan kita ingin pembangunan waduk Teritip ini bisa dipercepat agar sebelum hujan musim depan ini sudah bisa diselesaikan," kata Presiden dalam keterangan persnya kepada wartawan (24/03/2016) sebelum meninggalkan Bendungan Teritip.

13. Desa Tebing Siring, Kab. Tanah Laut (2017)

Lalu Pak Jokowi di tahun berikutnya atau tepatnya tahun saat ini di 2017 beliau mengunjungi Kalimantan kembali yaitu di Desa Tebing Sering, Kab. Tanah Laut. Kali ini kunjungannya dalam rangka penyerahan hak pengelolaan hutan desa, hutan tanaman rakyat dan hutan kemasyarakatan kepada masyarakat. Penyerahan tersebut dilangsungkan di Desa Tebing Siring dalam Kab.Tanah Laut, (07/05/2017).

14. Agro Wisata Labirin, Kab. Tanah Laut (2017)

Tidak tanggung-tanggung Jokowi sempat berwisata ke Taman Labirin yang ada di Tambang Ulang di Kab.Tanah Laut. Tibanya sekitar pukul 17.30 Wita di Taman Labirin, Sang Presiden langsung disambut lambaian tangan siswa-siswi SD Tambang Ulang (07/05/2017).

15. Pantai Pagatan, Kab.Tanah Bumbu (2017)

Setelah itu Jokowi sempat menghadiri pesta pantai Mappanretasi di Pantai Pagatan (07/05/2017) untuk membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat setempat. Sembari menyaksikan Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi, beliau juga melakukan penyerahkan hutan rakyat Kalimantan Selatan .

16. Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin BANJARMASIN (2017)

Jokowi juga meresmikan pembukaan kegiatan FASI (Festival Anak Saleh Indonesia) ke-10 tingkat Nasional yang diadakan di Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Kota Banjarmasin (15/09/2017).

17. Halaman Kantor Walikota Banjarmasin (2017)

Lalu lokasi terakhir yang beliau kunjungi adalah Halaman Kantor Walikota Banjarmasin Pada tahun ini (Banjarmasin, 15/09/2017) Jokowi sempat melakuan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat di halam kantor Wali Kota Banjarmasin, juga diselingin pemberian doorprize sepeda untuk beberapa siswa (seperti siswa SD dan SMA di sebuah gambar). Juga melakukan penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat.   Baik sahabat yang sudah antusias membaca dan mampir di situs kami. Jikalau dari daftar kunjungan tersebut ada yang kurang, dapat dikomentari ya. Terimakasih. sumber: tribunnews.com, kompas.com, beritasatu.com, antarasultra.com, antarakalteng.com, teraslampung.com, sindonews.com, tempo.co, antaranews.com, detik.com, setneg.go.id

Komentar?TulisTutup