Ketik sesuatu dan tekan enter pada keyboard
untuk mencari

Installasi OS GUI (Part I)

Image source: gettyimages.com

A. PENGERTIAN OS (SISTEM OPERASI) KOMPUTER

OS (Operation System) atau Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang ada dalam suatu perangkat dan menjadi pusat instruksi apa saja yang mau dilakukan pengguna (orang). Lalu, Perangkat ialah suatu media elektronik, terbagi secara teknis menjadi hardware (Perangkat keras) & software (Perangkat lunak). Dan untuk pengantar awal maka akan saya berikan Contoh OS GUI (Graphical User Interface) terlebih dahulu, sebagai berikut:

Windows 7 – Windows Explorer
Bagan 1– Tampilan File Manager Windows 7 | Image source: howtogeek.com


Windows 10 – Windows Explorer

Bagan 2 – Tampilan File Manager Windows 10 | Image source: digitaltrends.com


Windows XP – Windows Explorer
Bagan 3 – Tampilan File Manager Windows XP | Image source: daleisphere.com

Linux Debian MATE/GNOME 2 - Caja

Bagan 4 – Tampilan File Manager Linux Debian MATE
Image source: github.com/mate-desktop/caja/issues/271

Linux Debian GNOME 3 - Nautilus


Bagan 5 – Tampilan File Manager Linux Debian GNOME 3 | Image source: tecmint.com

Linux Debian KDE - Dolphin


Bagan 6 – Tampilan File Manager Linux Debian KDE
Image source: screenshots.debian.net/package/dolphin

MacOS High Sierra - Finder

Bagan 7 – Tampilan File Manager MacOS High Sierra
Image source: bukalapak.com/blog/technology/13-hal-yang-wajib-kamu-tahu-sebagai-pengguna-baru-macos-4098


Dan masih banyak lagi tentunya. Jika saat ini Anda memang sedang berusaha belajar ilmu komputer, maka usahakanlah cari informasi OS berbasis GUI sebanyak mungkin karena self-thought (pengetahuan yang didapat secara otodidak) lebih tambah kuat pemahamannya dan bahkan juga menambah ingatan Anda lebih baik.

Tidak lupa juga ada beberapa tips yang perlu Anda tahu dalam Memilih dan Membandingkan OS adalah, seperti; (i) Mengetahui sejarah OS tersebut diciptakan. Karena, Sejarah/historisitas lebih tepat daripada sekedar pendapat orang. (ii) Perhatikan penampilan/kemudahan kecepatan, keamanan, hingga pada fungsinya. (iii) Open-source (gratis) / OS berbayar.


B. REVIEW BEBERAPA SISTEM OPERASI
  • Windows (Microsoft Corporation)
  1. Windows 7 SP1 Professional
    Windows 7 selain banyaknya orang yang memakainya juga sistem operasi yang paling mudah dalam hal installasi dan pemasangan softwarenya untuk komputer Desktop maupun Laptop. Windows 7 adalah kembangan terbaru dari Windows Vista yang sebelumnya agak berat, tetapi di Windows 7 inilah menjadi Ringan dan memiliki tampilan hampir seperti Windows Vista.
  2. Windows Server 2008 Standard Edition R2
    Berguna untuk File Service, Web Service (Menggunakan Software IIS), DNS Service, Remote access, dan lain-lain. OS jenis ini sifatnya terbatas karena lisensinya berdasarkan jumlah CPU, RAM, dan banyaknya komputer klien yang akan digunakan. Di Windows Server 2008 versi Standard hanya dapat diinstall pada komputer yang berkapasitas maksimal 4 CPU, 32GB RAM. Artinya jika kapasitas atau sumber daya komputer tersebut lebih canggih atau lebih besar maka tidak mendukung (unsupported).
  3. Windows Phone 8.1
    Jangan dikira Smartphone tidak ada versi Windowsnya, Microsoft mulai memanfaatkan daya kredibilitas brandnya untuk memangsa konsumen di pasar smartphone. Di OS Windows Phone ini juga bisa dikatakan dapat dilakukan installasi ulang.
  4. Windows 10 Professional
    Setelah suksesnya Microsoft di edisi Windows 8 yang menawarkan tampilan Touch Screen sebagai pengganti menu startnya. Namun menjadi kesulitan sendiri bagi pengguna yang kurang mahir menggunakannya. Lalu, Microsoft memberikan solusinya di Windows 10 ini. Bisa dikatakan Windows 10 ini hampir mirip dengan Windows 8, tetapi lebih aman saja dari kebaruannya.
  5. Windows XP SP3 Professional
    Sistem operasi Windows XP sempat dinobatkan sebagai sistem operasi paling lama dikonsumsi oleh pengguna di penjuru dunia karena kemudahannya.

  • MacOS (Apple Inc.)
  1. MacOS
  2. iOS
  3. MacOS Server

  • Linux Open Source (Linus Torvalds, Community)
  1. Linux Debian
    Di sistem operasi ini terkenal dengan fiturnya sering digunakan adalah menginstallasi dan konfigurasi layanan FTP Server dengan layanan Samba untuk jaringan komputer tersebut. Di sistem ini sebenarnya juga bisa sebagai sistem pengguna rumahan, hanya saja perlu adaptasi lagi dari Windows ke Linux Debian dari segi tombol-tombolnya dan pengaturannya.
  2. Linux CentOS
    Linux CentOS ini berasal dari turunan distro Linux Fedora. Sistem operasi CentOS ini sering sekali digunakan untuk Web Server seperti untuk pembuatan website, layanan email online, blogger professional. CentOS sebenarnya merupakan inisiatif terhadap Linux Redhat yang sekarang menjadi komersil lisensinya (tidak gratis). Dan segi kestabilan sistem ini lebih banyak dipakai oleh Web Master sekarang ini.
  • Linux Commercial License (Linus Torvalds, MikroTik)
    1. Linux MikroTik RouterOS
    Sistem ini juga sering digunakan sebagai manajemen hotspot, firewall, dan banyak juga layanan (service) lainnya. MikroTik RouterOS agak berbeda sedikit baris perintahnya dengan Linux debian, begitu juga dengan Linux CentOS.
  • Linux Android Open Source (Linus Torvalds, Google LLC, Community)
  1. Linux Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
  2. Linux Android 5 (Lollipop)
  3. Linux Android 6 (Marshmallow)
  4. Linux Android 7 (Nougat)
  5. Linux Android 8 (Oreo)


C. SEJARAH OS GUI (MacOS vs Windows)
  • MacOS
Sebenarnya pertama kali nama OS nya adalah Mac OS X pada tahun 1984, namun belum Open-Source, sehingga hanya dijual bersama perangkat komputer Macintoshnya.

Unveiled pada bulan Oktober 1983, pertama kalinya Macintosh dibuat tersedia secara komersial pada tanggal 24 Januari 1984, dua hari setelah penayangan Scott Ridley sekarang legendaris "1984" komersial yang memuji debut Mac, selama Super Bowl XVII. Komputer kemudian lebih dikenal sebagai 128KB tersebut, berkat jumlah on-board RAM ditampilkan. Pricing Mac pertama di $ 2495 (harga asli komputer adalah $ 1995, tapi anggaran iklan besar-besaran menyebabkan perusahaan untuk mendongkrak harga), Apple melanjutkan untuk menjual 72.000 unit pada awal Mei tahun itu. Apple Computer Inc. (sekarang namanya "Apple Inc.") pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne. (source: https://index5tkj.blogspot.co.id/2012/07/sejarah-macintosh-operating-system-mac.html)

Adapun versi terbaru dari MacOS adalah MacOS 10.13.4 pada tahun 2018. (source: https://en.wikipedia.org/wiki/MacOS_High_Sierra)

  • Windows
Kernel yang digunakan OS Windows adalah MS-DOS. Versi pertama dari OS Windows, yaitu Windows 1.0 dirilis pada tahun 1985. Windows 10 dirilis pada 2015 menggunakan versi terbaru dari DirectX 12. Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan yang ada di dalam Windows 8 dan 8.1 yang tidak Non-Touchscreen Friendly dengan hadirnya start menu seperti Windows 7 (http://scdc.binus.ac.id/himtek/2017/02/24/sejarah-microsoft-windows/)


D. SEJARAH OS GUI (UNIX & Linux)
https://4.bp.blogspot.com/-Z49NWA0gMOM/WxnaDwAdeFI/AAAAAAAABp0/sOoFPf4fxusA6T8d5yasbnawk2lFBJXPgCLcBGAs/s640/sejarah_os_unix_linux.jpg

Image source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/77/Unix_history-simple.svg


UNIX dikembangkan oleh AT & T Corporation Bell Laboratories pada tahun 1969. (https://en.wikipedia.org/wiki/Unix)Awalnya disebut Multics pada tahun 1969. Ilmuwan komputer Ken Thompson dan Dennis Ritchie menciptakan versi baru yang sistem operasinya dinamakan UNIX pada tahun 1969 juga terhadap mini komputer PDP-7. UNIX menjadi sumber inspirasi untuk kernel sistem operasi open source gratis seperti Linux dan FreeBSD, dan itu adalah dasar lahirnya sistem operasi Mac OS X milik Apple. (source: http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/id/artikel/item/732-mengenang-sejarah-unix).

Pada tahun 2008 Google mengembangkan OS distro Android dengan menggunakan kernel Linux sebagai fondasinya agar di smartphone dapat memakai softaware open source dan juga gratis.


E. SIAPA PENEMU KOMPUTER ATAU INTERNET?
Terlalu Banyak Menyebutkan Siapa Penemu Komputer Itu? Sejarah Komputer, Internet, hingga Embedded System/IoT. Tetapi jika pertanyaan Anda adalah siapa saja yang berjasa hingga sekarang perangkat Era Digital dalam berkomunikasi dan informasi, maka jawabannya mungkin termasuk sebagai berikut:


-  Ditemukannya Transistor
- Dikembangkannya Bahasa Pemrograman Komputer Low-Level yang Ideal Pertama (C Language) untuk efisiensi terhadap bahasa Mesin/Binary Data. 
- Ditemukannya Integrated Circuit/IC
- Ditemukannya Microprocessor
-  Ditemukannya Gelombang elektromagnetik
- Dikembangkannya Pesawat Antariksa Untuk Pergi ke Luar Bumi dan Menaruh Satelit.
- Dikembangkannya Turing Machine (sebagai alat Artificial Intelligence/AI yang pertama dan alat ini diklaim telah membantu memenangkan perang pihak UK terhadap Nazi).
- Dikembangkannya TCP/IP, manajemen pengalamatan IP Address oleh IANA, ARIN, APNIC, dan lain-lain.
- Dan masih banyak lagi...
- Dikembangkannya peralatan AC, TV, CCTV dengan terhubung kontrol internet.
Jadi, pertanyaan siapa penemu komputer itu, tidak pernah bisa dijawab menurut saya.

Copyright: Artikel ini memiliki hak cipta, barang siapa melakukan copy paste penuh maupun sebagian isi teks artikel ini, harap cantumkan domain sumbernya (mediamu.web.id). Bagi yang mengabaikan dan jika ketahuan, akan ditindak penghapusan hasil pencarian Google/SERP, atau penghapusan postingan Anda, atau hingga terhapusnya website Anda. Hukum digital yang digunakan melalui layanan DMCA US.

Komentar?TulisTutup