MediaMu

MediaMu
Ketik sesuatu dan tekan enter pada keyboard
untuk mencari

Review Kelebihan Kartu Tri 4G Internet 12GB Tercepat dan Stabil

Review Kelebihan Kartu Tri 4G Internet 12GB Tercepat dan Stabil

Featured merged-image source: tri.co.id, ahlikartu.com

P.S: Informasi ini mungkin berbeda di lokasi atau spesifikasi berbeda, dan artikel ini tested sesuai kondisi yang saya sertakan, dan di waktu saya mereviewnya.



Lokasi Client (saya): Banjarmasin, kawasan 70247.

BTS / Public IP: Martapura, Pelaihari (Kadang saling bergantian dua lokasi server tersebut yang melayani request smartphone dan PC saya).

Kecepatan Rata-Rata Stabil: Trafik download 8Mb/s. Sedangkan Trafik upload 4Mb/s. Bagikan dengan 'delapan' untuk mengetahui kecepatan dalam satuan Byte atau MB/s (Megabyte), karena satuan internasional menggunakan Bit atau Mb (Megabit).

Tangkapan Sinyal: Rata-rata 4 bar (mengacu tested pada mesin smartphone pabrik tahun 2016 dan lokasi saya)

Kondisi Kartu Tri: Fresh 2017 & Support 4G (beli awal dengan paket 6GB; 2GB Semua sinyal + 4GB khusus sinyal 4G). Sekarang telah berganti paket Internet Tri 12GB.

Mengacu pada Mean atau perhitungan rata-rata yang saya gunakan berdasar pengalaman memakai internet berapa kecepatan download sering terlihat dalam satuan KB/s kemudian dikalikan 8 agar menjadi satuan standar internasional Kb/s, dan dikonversi lagi dengan dibagi 1000 agar mudah dibaca dengan Mb/s.

Apa itu paket 12GB 4G Tri? Paket ini adalah paket yang saya berikan nilai terbaik, sinyal terkuat, kartu internet tercepat yang pernah saya rasakan dibandingkan ISP yang saya gunakan sebelumnya. Dengan harga Rp50000 per bulan total kuota 10GB di jaringan 4G, dan 2GB di semua sinyal jaringan.

Ohya, sudahkah Anda melihat gambar di bawah ini? Di bawah adalah statistik lengkap kuota yang diberikan ke saya oleh ISP Kartu Tri.




Bagian yang saya acungi jempol kelebihan yang disediakan oleh ISP Tri banyak sekali:

  • Kartu Internet cepat dan tidak pernah delay maupun disconnect jaringan internetnya.
  • Kecepatan stabil. Kurang lebih hingga downstream dan upstream yang saya infokan di atas.
  • Paket internet bisa diisi ulang sendiri dengan harga dan nomor yang sama, tanpa harus beli kartu perdana baru dan nomor baru. Tidak seperti internet lain yang harganya murah hanya jika Anda mau beli kartu perdana baru yang ada paket kuota murah.
  • Lokasi Server BTS dekat. Untuk warga Kalimantan Selatan dapat menikmati kecepatan tertinggi karena BTS yang sering melayani berada di Martapura dan juga Pelaihari.
  • Tidak Agresif dengan Sensor Internet. Banyak situs yang dapat diakses seperti v*meo.com yang pada ISP kartu internet lainnya malah di blokir/disensor situs tersebut. Padahal v*meo.com juga sama seperti yo*ube.com bahwa video-video tidak pantas juga ada, mengapa tidak blokir keduanya oleh kartu lainnya tersebut.

  • Masa Aktif Terlama Sepanjang Sejarah. Lihatlah gambar di atas kartu saya saat artikel ini adalah 430 hari. Hal ini membuat klien memakai jasa ISP dan Telepon maupun SMSnya tidak ada perasaan khawatir lagi dengan masa aktif jika kartu tidak digunakan.


Kekurangan juga pasti ada di setiap ISP, berikut adalah beberapa yang perlu dikembangkan operator Kartu Tri:
  • Terkadang delay dan disconnect saat mengkases UMB *123#. Perlunya pengecekan atau maintenance pengaturan server yang melayani request smartphone klien agar lebih baik saat mau tahu sisa pulsa melalui *123#, karena ini krusial sekali jika tidak berfungsi saat dibutuhkan.
  • Belum bisa registrasi akun Tri di websitenya http://my.tri.co.id. Telah saya coba baik melalui smartphone dan PC juga dengan cara memasukan di form tersebut nomor kartu saya dan password baru. Malah hanya hanya ada tombol login. Perlunya pihak web developer memeriksa websitenya secara rutin agar tahu apa yang berfungsi dan apa yang tidak, agar tidak mengecewakan klien yang mau akses aplikasi Tri di Android namun tidak bisa jika pulsa internet sudah habis, karena tidak bisa dengan jaringan wifi internetnya beda karena belum punya akun Tri untuk login Aplikasi Tri di Android. (P.S: Info ini dapat berubah jika ada yang memberi komentar berhasil atau saya telah mencobanya kembali dan berhasil registrasi).
  • Kejanggalan Kuota Whatsapp (Whatsapp not tested, saya tidak memakai WA). Berikut saya berikan dua screenshot dimana SMS kuota Whatsapp (dikatakan Unlimited Nelp dengan Whatsapp, pake Kuota kan ya?) dan kuota Whatsapp dilihat dari aplikasi Tri di Android yang diberitahukan ada jumlah kuotanya (sebanyak 250MB), jika memang benar dengan kuota berarti itu bukan Unlimited hanya saja 'dikatakan banyak' iya. (P.S: Info ini dapat berubah jika ada yang memberi komentar atau saya telah mencobanya yang mana yang benar). Ini saya berikan screenshotnya:


Coba lihat kuota Whatsapp di bawah ini (tidak unlimited kan? ada dbatasi 250MB):


  • Sedikit Alay Broadcast SMSnya. Ada frase "BAAA!!" . Ini mungkin mengasikan untuk anak muda, tetapi mungkin untuk orangtua agak lucu. Dan karena dianggapnya lucu, maka ini bisa menjadi pertimbangan dalam memutuskan memakai sebuah kartu. Sebagai contoh stereotype orang-orang jika memakai kartu A maka dia orang kaya, kartu B maka dia hemat uang atau suka eknomis dan sinyal lemah, kartu C dia orang sedang tidak ingin harga mahal dan ingin sinyal standar cukup (ini gua banget :) ). Ohya di bawah adalah screenshot bagaimana "BAAA!!" itu terlihat:



Apa Keputusan Anda? Masihkah menyimpan kartu Cokelat yang tidak stabil, tidak cepat? Masihkah memakai kartu Internet Hijau yang stabil dan sangat mahal? Tetapi jika Anda masih menyimpan dan menggunakannya, berarti Anda memang puas saja memakainya karena sepertinya di lokasi Anda bagus saja spesifikasi Jaringan Internetnya dengan BTS. Tapi jika Anda memiliki masalah kecepatan maka segeralah beralih keoperator Tri ini, jika sinyal barnya Anda melihat minimal 2 agar cepat dan stabil. Oke!

Komentar?TulisTutup